Software Ansys Adalah: Mengenal Jenis Dan Kegunaannya
January 29, 2024
simulasi-thermal
SIMULASI THERMAL MANAGEMENT RUANG SERVER  MENGGUNAKAN ANSYS FLUENT
March 4, 2024

Pengertian Jasa Simulasi CFD Dan Metode Yang Digunakan

Optimaxx – Di dalam ilmu teknik, aliran fluida merupakan hal yang penting sehingga perlu untuk menghitungnya dengan tepat. Untuk pengukuran mekanika fluida sendiri mempunyai beberapa metode yang bisa digunakan. Salah satu yang paling populer adalah menggunakan CFD atau computational fluid dynamics. Mengenai pengertian jasa simulasi CFD hingga manfaat yang diberikan akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel di bawah ini.

Pengertian Jasa Simulasi CFD

Seperti yang telah disebutkan di atas, Computational Fluid Dynamics (CFD) merupakan metode yang bisa untuk memodelkan turbin 3D dengan menggunakan komputer. Metode ini merupakan cabang ilmu mekanika fulida yang memadukan teori analitis dan juga eksperimen numerik. Gabungan tersebut akan bisa digunakan untuk melakukan analisa sehingga bisa memecahkan masalah mengenai aliran fluida dan juga permasalahan yang menyangkut mengenai fluida. Metode ini menggunakan beberapa hal yaitu angka, algoritma, dan juga menggunakan bantuan komputer yang bisa digunakan untuk melakukan analisis perhitungan. 

Untuk simulasi CFD tersebut mempunyai beberapa langkah yang dipunyai yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama adalah untuk melakukan simulasi perlu menggunakan komputer terlebih dahulu yang bisa menggunakan model turbin 3d.
  • Selanjutnya model / geometri benda kerja tersebut akan bisa diberikan aliran fluida yang berada di sekitarnya.
  • Kemudian setelah simulasi tersebut akan bisa muncul solusi yang berhubungan didapatkan yaitu torsi, daya, dan juga efisiensi. Berbagai hal tersebut didapatkan secara komprehensif dengan menggunakan model 3D sehingga interaksi yang dilakukan komponen simulasi dapat untuk memengaruhi alirannya sehingga bisa memberikan hasil yang akurat.
  • Data yang dihasilkan dari simulasi CFD tersebut berupa data kuantitatif, grafik, gambar, serta juga video dengan desain.

Manfaat Menggunakan Pengertian Jasa Simulasi CFD

Setelah mengetahui mengenai pengertian jasa simulasi CFD, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah manfaat mengapa bisa menggunakan simulasi CFD untuk pengukuran fluida. Simulasi tersebut dapat digunakan pribadi maupun instansi yang bisa untuk mengerjakan simulasi CFD dengan berbagai manfaat untuk permasalahan yang dihadapi, sehingga membantu untuk melakukan perhitungan yang lebih efektif, yaitu:

  • Manfaat pertama mengapa menggunakan pengertian jasa simulasi CFD seperti yang disebutkan sebelumnya adalah karena bisa untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Perlu diketahui bahwa untuk prototipe dari perhitungan menggunakan jasa simulasi CFD memang akan sulit untuk dilakukan. Akan tetapi apabila sudah menggunakannya untuk perhitungan, aplikasi ini sebenarnya akan mudah untuk dipelajari. Sehingga hal tersebut akan membuat perhitungan yang dilakukan menggunakan jasa simulasi ini adalah akan lebih mudah dilakukan. Di dalam prosesnya, hal tersebut juga akan bisa menambah pemahaman pengukuran fluida yang bisa dilakukan.
  • Manfaat selanjutnya adalah dapat untuk melakukan prediksi dengan foresight untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tepat. Menggunakan aplikasi CFD untuk pengukuran tersebut akan bisa mendapatkan hasil yang bsia diprediksi. Hal tersebut bisa dilakukan karena bisa mendefinisikan permasalahan dan juga jawaban yang dipunyai. Sehingga proses tersebut juga akan membantu untuk mendapatkan hasil yang sebelumnya sudah diprediksi sebelum mendapatkan jawabannya. Manfat untuk bisa memprediksi hasil ini akan sangat membantu mendapatkan desain yang lebih optimal.
  • Manfaat selanjutnya mengapa bisa menggunakan layanan jasa simulasi ini adalah bisa untuk memberikan perhitungan yang lebih efisien bisa didapatkan. Proses untuk mendesain menggunakan layanan ini akan bisa lebih hemat baik dari segi waktu yang dikeluarkan, tenaga, dan juga tentunya biaya yang perlu untuk disiapkan. Sehingga hal tersebut akan membuat prosesnya menjadi lebih hemat karena membutuhkan waktu desain yang pendek dan juga biaya yang lebih hemat.
  • Manfaat selanjutnya adalah bisa menjadi bantuan untuk bisa memecahkan masalah mengenai fluida yang lebih mudah. Solusi yang ditawarkan menggunakan metode pengertian jasa simulasi CFD yang telah dijelaskan adalah dengan tidak perlu untuk melakukan analisa riset dan juga uji eksperimental yang akan membuat waktu tersita. Hal tersebut membuat solusi riset yang lebih cepat menggunakan alat yang bisa digunakan. Seperti microgravity, kondisi supersonic, compressible flow, dan juga lainnya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan cepat, maka sebaiknya gunakan peralatn yaitu komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi sehingga membantu untuk bisa melakukan perhitungan yang lebih cepat dan hasilnya bisa maksimal.

Metode Yang Digunakan Untuk Jasa Simulasi CFD 

Pengukuran fluida sendiri mempunyai tiga metode yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut ini:

  • Metode analitis merupakan langkah pengukuran pertama yang bisa dipilih dan digunakan. Untuk pengukuran dan pengertian jasa simulasi CFD yang satu ini adalah karena bisa menggunakan pengukuran yang dilakukan dengan sederhana. Metode analitis ini mempunyai langkah yang mudah dan sederhana yaitu melakukan pembagian, penjumlahan, dan perkalian yang digunakan. Selanjutnya dari langkah tersebut akan bisa mendapatkan hasil pengukuran yang digunakan untuk mengukur ketinggian, tekanan, dan juga kecepatan. Tetapi untuk pengukuran dengan menggunakan metode analitis ini akan tidak cocok untuk perhitungan persamaan non linier dengan orde tinggi.
  • Metode kedua yang bisa digunakan untuk perhitungan adalah menggunakan eksperimen. Seperti namanya, untuk melakukan perhitungan ini maka perlu untuk melakukan eksperimen terlebih dahulu. Pengertian jasa simulasi CFD yang menggunakan metode ini akan membutuhkan eksperimen yang digunakan untuk melakukan perhitungan mekanika fluida. Sehingga karena perlu membutuhkan eksperimen dengan riset dan pengumpulan data terlebih dahulu, maka hal tersebut akan membuatnya mempunyai waktu yang lebih lama dibandingkan metode yang digunakan jasa simulasi sebelumnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk metode eksperimen ini juga lebih besar karena perlu untuk mempunyai prototype fisik yang perlu dibuat terlebih dahulu. Tetapi untuk keuntungan mengapa bisa memilih metode ini adalah karena memberikan hasil komprehensif sehingga bisa membaca data dengan akurat.
  • Metode yang terakhir bisa digunakan adalah gabungan dari keduanya yaitu menggunakan metode CFD. Pengertian jasa simulasi CFD ini mempunyai pengukuran dengan data rumit yang digunakan, akan tetapi bisa lebih mudah seiring prosesnya dan memberikan pemahaman yang lebih baik. Metode ini menggunakan perhitungan dengan pembagian, penjumlahan, dan juga perkalian dengan komputer agar bisa memberikan hasil yang lebih detail dan juga akurat bisa didapatkan. Jasa ini bisa dipilih karena mempunyai perhitungan yang efisien dengan hasil yang didapatkan akan lebih jelas. Teori mekanika fluida yang terkenal sulit akan bisa dilakukan pengukuran dengan analitis menggunakan komputer sehingga akan membuat datanya bisa dibaca dengan lebih mudah dan masuk akal.

Di atas merupakan pengertian jasa simulasi CFD, metode yang bisa digunakan, hingga manfaatnya mengapa bisa memilih dan menggunakan perhitungan mekanika fluida menggunakan CFD. Untuk perhitungan tersebut bisa memilih jasa simulasi yang juga disediakan oleh Optimaxx. Tempat ini menyediakan layanan CFD yang bisa membantu untuk memberikan solusi bagi industri dan perusahaan yang membutuhkan perhitungan fluida dengan lebih mudah dan praktis. Gunakan layanan jasa simulasi menggunakan perhitungan CFD dari Optimaxx dengan cukup menghubungi nomor kontak +62 811 9800 348 atau email ke info@dev.optimaxx.id